Menulis Bagi Diri Sendiri

Apa yang ada di hadapan kita dan apa yang ada di belakang kita, hanyalah hal-hal kecil bila dibandingkan dengan apa yang ada di dalam diri kita. (Oliver Wendell Holmes)

Kita memang hanya ingin menjelajah lewat pertanyaan-pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada diri kita sendiri. Mungkin, pada saat mempertanyakan keadaan diri kita, kita tidak harus menjawabnya. Kita membiarkan saja pertanyaan-pertanyaan itu hidup sendiri. Asalkan kemudian pertanyaan-pertanyaan itu kita tulis, tentulah pertanyaan-pertanyaan itu tidak akan hilang. Mereka akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan seluruh fisik dan non fisik kita – terutama yang berkaitan dengan wawasan kita. Ada kemungkinan kita baru dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang diri kita itu ketika pertanyaan itu berusia puluhan tahun.

Bagaimana mungkin bahan dalam bentuk tulisan dapat menjadi hidup ? Yang hidup jelas bukan tulisan anda. Yang hidup dan bergerak adalah pikiran anda. Ya… pikiran anda setiap detik terus bergerak dan menjalar kemana-mana. Pikiran anda senantiasa berubah dari detik ke detik. Inilah hal yang perlu anda sadari ketika mengeluarkan pertama kali bahan-bahan tulisan anda dari dalam diri anda. Anda tidak harus kecewa apabila bahan pertama yang anda miliki berantakan dan tidak membentuk suatu gagasan yang jelas. Biarkan saja. Endapkan saja untuk beberapa waktu. Inilah yang perlu anda lakukan pada saat awal menulis.

Musuh terbesar manusia adalah keraguan dan ketakutan yang bersemayam di dalam dirinya. (William Wrigley Jr.)

Jika anda tidak meminta akan sesuatu, maka anda tidak akan mendapatkannya. (Mahatma Gandhi)

Mimpikan mimpi yang menjulang, dan jadilah seperti yang kau impikan. Visi yang kau miliki dalam hidup adalah janji seperti apa kau suatu hari nanti. Cita-cita yang kau miliki adalah ramalan yang akan kau ungkapkan pada akhirnya. (James Allen)
Siapa yang memiliki alasan untuk hidup akan sanggup mengatasi persoalan hidup lewat cara apapun. (Nietzsche)

Anda sedang menulis scenario yang tidak mungkin ditulis oleh orang lain. Sebuah cerita yang berkobar dalam diri anda adalah scenario yang “komersial”. Anda tidak menjadi penulis kelas dua di bawah siapapun. Anda menjadi yang terbaik bagi diri anda sendiri. Anda memiliki satu hal yang layak jual sebagai seorang penulis – sudut pandang anda. Sudut pandang anda adalah sebuah cara unik untuk melihat dunia berdasarkan seluruh pengalaman anda dan bagaimana anda merasakan dunia seputar anda. (Viki King)

Tidak ada manusia yang sama persis. Setiap manusia tentulah memiliki keunikan dan pengalaman sendiri-sendiri. Kita menjadi manusia karena kita memang berbeda dengan manusia yang lain.

Hasil – hasil riset dengan jelas menunjukkan bahwa kita belajar menulis lewat membaca. (Dr. Stephen D Krashen)

Apabila anak-anak membaca untuk kesenangan, apabila mereka terikat dengan buku, mereka akan memperoleh secara tidak sengaja dan tanpa usaha yang dilakukan dengan sadar, hampir semua hal yang disebut “keterampilan kebahasaan” yang sangat diperhatikan oleh banyak orang, mereka akan menjadi pembaca andal, mendapatkan banyak kosakata, mengambangkan kemampuan untuk memahami dan menggunakan susunan kalimat majemuk, mengembangkan gaya penulisan yang bagus, dan menjadi pengeja yang hebat (walau bukan sempurna). (Dr. Stephen D Krashen).

Saya tidak tahu siapa yang mengatakan bahwa para novelis membaca novel-novel karya orang lain hanya untuk membayangkan bagaimana mereka menulis. Namun, saya yakin perkataan ini benar. Kita tidak perlu kecewa dengan rahasia-rahasia yang ada dibalik permukaan buku. Kita harus membalik-balik buku untuk menemukan lapisan rahasia itu. Dalam satu cara yang tidak mungkin dijelaskan, kita mengurai buku menjadi bagian-bagian penting dan kemudian menyatukannya kembali setelah kita memahami misteri-misteri kerumitan personal di dalamnya. (Gabriel Garcia Marquez)

Sesungguhnya cara belajar yang baik untuk memulai menulis adalah dengan meniru teknik menulis orang lain. (Bertrand Russel)

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog


Statistik Blog

.: SPONSORED BY :.

.: SPONSORED BY :.
Jombang Open Source

->


K L A T

PCN U Jombang

GP Ansor

Administrator

Foto saya
jombang, jawa timur, Indonesia
persembahan untuk bangsa

Pengikut